Cara Mutakhir Hasilkan Ling Zhi Berkualitas

lingzhi kering

Pipa besi antikarat yang mengular di salah satu sudut ruangan seluas 2.000 m2 itu menghubungkan tangki ekstraksi dengan filtrasi. Pada pipa itu dialirkan gelombang elektromagnetik berion negatif untuk mengikat logam berat berion positif pada hasil ekstraksi yang melewati pipa. Itulah yang dilakukan Nippon Funmatsu Yakuhin demi menghasilkan ekstrak ling zhi berkualitas.

Pabrik ekstraksi canggih itu bukanlah pabrik raksasa sekelas Nissan Chemical yang telah 125 tahun malang-melintang di industri kimia. Ia hanya sebuah pabrik ekstraksi yang menempati lahan 4 ha di kota Mie, kota kecil yang ditempuh selama 6 jam dari Tokyo. Pabrik itu pun hanya dioperasikan 43 karyawan.

RACUN

Meski tergolong skala kecil, toh kualitas yang dihasilkan mampu memenuhi standar nasional yang ditetapkan pemerintah Jepang. Salah satunya syarat bebas pencemaran logam berat. Menurut United States Environmental Protection Agency (EPA), logam berat salah satu polutan berbahaya yang jumlahnya semakin bertambah. EPA mencatat setidaknya 13 jenis logam berat yang berbahaya bagi lingkungan seperti arsenik (As), timbal (Pb), merkuri alias air raksa (Hg), dan kadmium (Cd).

Logam berat sejatinya unsur penting yang dibutuhkan setiap makhluk hidup. Namun, beberapa di antaranya bersifat racun pada kadar tertentu. Kadmium misalnya. Logam berat itu mengundang risiko tinggi terhadap pembuluh darah. Dalam jangka panjang dapat terakumulasi di hati dan ginjal. Pada konsentrasi rendah dapat menyebabkan gangguan paru-paru, emfi sema, dan renal tubular disease.

Peristiwa pencemaran merkuri di Minamata pada 1953 menjadi salah satu tragedi terburuk bagi warga Jepang. Itulah sebabnya negeri Matahari Terbit sangat ketat mengawasi pencemaran polutan mengerikan itu pada setiap produk yang beredar. Nippon Funmatsu salah satu perusahaan yang mampu memenuhi persyaratan itu. Karena itulah Nissan Chemical mempercayakan produksi ekstrak ling zhi meski harus menempuh jarak 300 km dari kantor pusat mereka di Tokyo.

Di sanalah 2.250 kg ling zhi ekstrak. Produksi ekstrak hanya setahun sekali yakni saat musim panen pada akhir musim panas atau awal musim gugur setiap November. Bahan baku reishi-sebutannya di Jepang-berasal dari perkebunan jamur di Gunmaken, yang ditempuh sekitar 2 jam ke bagian utara dari kota Tokyo. Sebelum diolah, ling zhi dikeringkan dengan oven hingga berkadar air maksimal 10%. Reishi kering lalu dikemas dalam kotak dus berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm, kemudian dikirim dengan menggunakan truk ke kota Mie yang ditempuh sekitar 8 jam.

Reishi kering diekstrak dengan air panas bersuhu 98-100oC selama sejam. Menurut Dr Ahkam Subroto APU, peneliti Puslitbang Bioteknologi LIPI, air panas paling efektif digunakan untuk mengekstrak ling zhi. Musababnya, ‘Germanium dan polisakarida (keduanya senyawa aktif utama dalam ling zhi, red) larut dalam air. Belum tentu efektif kalau diekstrak dengan alkohol,’ ujarnya. Proses ekstraksi dilakukan pada 3 boiler berkapasitas 15.000 liter air. Hasil ekstrak kemudian dikeringkan dengan teknologi spray dying. Udara panas bertemperatur 160oC diembuskan pada larutan ekstrak, sehingga air menguap dan tersisa endapan berupa tepung. Ekstrak ling zhi kemudian dikemas dalam drum karton berkapasitas 8-10 kg, lalu diangkut ke Akiyama Jozai di Tokyo untuk diolah menjadi tablet. Jalan panjang pengolahan ling zhi terbukti menghasilkan produk berkualitas. Hasil uji laboratorium menunjukkan ekstrak reishi terbebas dari cemaran logam berat arsenik, merkuri, dan kadmium.Trubus Imam Wiguna.***

Pos ini dipublikasikan di jamur Lingzhi dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Cara Mutakhir Hasilkan Ling Zhi Berkualitas

  1. bachrudin berkata:

    Bismillah.
    Perkenalkan saya Bachrudin Semarang, saya mewakili kelompok tani Agro Bangkit Sejahtera
    mau menanyakan:
    1.Bagaimanakah sistem pengomposon yang efektif dan cepat pada serbuk kayu media jamur?
    2.Apakah kelebihan dan kekurangan strain kering/basah jamur tiram di daerah panas? (contoh Semarang bawah)
    3.Bagaimanakah cara/metode agar hasil panen didaerah panas(Semarang bawah) minimal bisa seperti didaerah dingin?
    Jazakumullah khoir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s