Racikan dari Ling Zhi Kering

Ling Zhi kini tersedia dalam banyak kemasan. Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk utuh namun kering. Ada beberapa racikan yang bisa dibuat sendiri untuk berbagai gangguan kesehatan.

Ada berbagai macam kemasan berupa potongan-potongan jamur kering atau yang sudah diolah seperti kapsul, tablet, sirop, tincture, atau suntikan.

Masyarakat amat mempercayai cendawan yang digelar ling zhi ini amat berkhasiat untuk manusia. Faktor ini telah menyumbang ling zhi dijadikan produk yang mempunyai nilai komersial yang tinggi.

Kini ling zhi telah dijadikan produk yang komersial oleh kebanyakan negara misalnya Jepang, Cina, Taiwan, Korea, Amerika Serikat, dan juga di Asia Tenggara. Di Arab, ling zhi memiliki nama populer Al-Kummah dan mengundang minat bisnis para produsen herbal. Jamur itu diekstrak dan diolah dalam bentuk kapsul.

Kini, berbagai merek herbal berbahan ling zhi bertebaran di pasaran, seperti Nissan Reishi yang diproduksi Nissan Chemical Industries, Jepang, Gano Plus (Diamond Interest International), dan Lingzhi Plus (Nutrimax). Meski penampilan berbeda, toh legenda keampuhan ling zhi tetap terasa. Berikut berbagai racikan dari ling zhi kering untuk berbagai penyakit;

Bahan: Jamur ling zhi khusus badan buahnya.
Setelah dikumpulkan, dicuci lalu dijemur.

Kegunaan untuk:
– Badan terasa lemah (Neurasthenia), pusing.
– Rasa lemah akibat sakit lama.
– Sukar tidur (insomnia).
– Bronkhitis kronis, asthma, silicosis.
– Hepatitis.
– Tekanan darah tinggi.
– Sakit jantung koroner (Coronary heart disease).
– Kolesterol tinggi (hipercholesterolemia).
– Sakit lambung (gastritis).
– Tidak nafsu makan (anoreksia).
– Rematik sendi (Rheumatic arthritis).
– Menunda ketuaan.

Pemakaian:

Untuk minum: 3-15 g dengan cara direbus

  • Untuk Neurasthenia, sukar tidur, mimpi berlebihan: ambil 3-10 gram jamur kayu direbus, minum.
  • Untuk Hepatitis Kronis, sesak napas (asma bronkhial): ambil 1-2 g jamur kayu dibuat bubuk, seduh dengan air panas, minum setelah dingin. Lakukan 3 kali sehari.
  • Manguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh: Rebus 15 g ling zhi dengan 4 gelas air bersih dalam periuk tanah sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring dan airnya ditambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata, minum. Sehari 2 kali, tiap kali minum sebanyak 1 gelas.
  • Untuk batuk dan Asma; ambil 10 gram jamur kayu/ling zhi ditambah 10 gram biji kacapiring, kedua bahan dicuci, lalu direbus dengan 600 cc air sehingga tersisa 300 cc. Rebusan tersebut disaring dan airnya diminum untuk 2 kali sehari. Lakukan terus menerus hingga dirasa cukup dan sembuh pengobatan ini bias dihentikan. *afifah
Pos ini dipublikasikan di jamur Lingzhi, Resep jamur dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s